Menu Utama
Home
Resep Masakan Indonesia
Resep Makanan Barat
Resep Masakan Cina
Resep Masakan Jepang
Resep Masakan Video
Resep Spesial Lebaran
Resep Valentine
Resep Kue
Resep Sop
Resep Minuman
Resep Es Krim
Resep Artikel
Contact Us
Sitemap
Kirim Resep Anda
Cari Resep
Disclaimer
Lowongan Kerja Terbaru
Resep Masakan Terpopuler
Resep Masakan Terbaru
Commentar Terbaru
Polling
Berapa Usia Anda Saat ini?
 

Warning! Pengelola ResepMasakanku.com Tidak Bertanggung Jawab atas Kata-Kata Iklan Diatas

Resep Masakan - Resep Nasi Briani PDF Print E-mail
Resep Masakan - Resep Masakan Indonesia
Saturday, 20 September 2008

Image

Bahan :  

  • 800 gr Beras putih  
  • 500 cc Air  
  • 250 cc Susu sapi  
  • 1 sdt Garam  
  • 1/4 sdt Pewarna kuning  
  • 500 gr Daging kambing (potong - potong)  
  • 1/2 biji Pala  
  • 8 sdm Minyak samin  
  • Cengkeh, kayu manis dan kapulaga secukupnya  
  • 1 btg Serai (memarkan)  
  • 1000 cc Air  
  • Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :  

  • 10 siung Bawang merah  
  • 5 siung Bawang putih  
  • 2 sdm Ketumbar  
  • 1 sdm Merica  
  • 1 sdt Jinten  
  • 1/2 sdt Adas  
  • 1/2 jari Jahe  
  • 1/2 jari Kunyit  
  • 200 gr Tomat merah  
  • Garam secukupnya  

Cara Memasak :  

  • Beras dikukus hingga setengah matang, angkat.  
  • Masukkan beras tersebut kedalam panci, tambahkan air dan garam  
  • Tambahkan pula susu, 3 sdm minyak samin dan pewarna kuning.  
  • Aduk dan masak hingga airnya terserap oleh beras, angkat.  
  • Panaskan 5 sdm minyak samin dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.  
  • Masukkan daging, pala, kayu manis, cengkeh, kapulaga dan serai, aduk rata.  
  • Tambahkan air, masak hingga airnya mengering dan daging menjadi empuk, angkat.  
  • Campurkan daging tersebut kedalam beras tadi, aduk hingga rata.  
  • Kukus hingga matang, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya.  
Comments
Add New Search
lisa   | 203.211.94.171 | 2008-09-21 20:11:11
Hi, ada yang yang bisa bantu jelasin minyak samin dan kapulaga itu apa ya??Cheers.
petertjan     | 125.164.79.13 | 2008-10-21 10:36:40
Minyak samin itu terbuat dari lemak onta, untuk mendapatkan bisa di Kampung Arab :D
nana - nasi briani     | 125.165.4.21 | 2008-12-30 10:55:38
kapulaga, rempah-rempah yang berbentuk seperti kuntum bunga kristal, warna nya putih, coba nyari di gerai bumbu india. kapulaga bisa bikin rasa pedas dan gurih serta dapat menguatkan harum masakan. selamat mencari :)
yeny   | 82.194.62.200 | 2009-01-19 23:23:17
kapulaga tu sejenis bumbu masakan khas yg biasa dipakai untuk masakan arab. kapulaga dlm bahas inggris biasa disebut cardamom. bisa dicari disupermarket kok.
minyak samin atau juga GHEE, adalah minyak yang terbuat dari lemak hewan atau nabati.
Biasanya seh dipake tukang martabak tuh, tapi di arab biasa dipakai masak untuk tumis, biar lebih harum
Trie   | 222.124.144.165 | 2009-04-17 13:40:59
klo pesen minyak samin bisa dikirim ke tempat tujuan ga ya?
tempat untuk memesanya dimana?
saya sangat membutuhkanya
kira-kira harganya berapa
terima kasih
saya di biak papua
Eka Dana     | 114.59.197.63 | 2009-06-05 01:47:10
Dear Trie..., pesen aja ke www.ekadana.com, besoknya langsung di kirim.
Eka Dana - balasan u Lisa     | 114.59.197.63 | 2009-06-05 01:42:20
Dear Lisa, ada artikel yang bisa bantu anda, di website www.ekadana.com, atau Lisa bisa langsung ke http://www.ekadana.com/index.php/nansa-online-store.html?page=shop.product_details&flypage=flypage-ask.tpl&product_id=54&category_id=11
tria   | 114.121.6.230 | 2008-09-29 18:24:15
kapulaga tuh kya biji2 an gitu deh, bisa nyari di pasar tradisional ato toko2 arab.
yunita - tambahin kismis   | 124.81.209.10 | 2008-09-30 22:34:52
:cheer: :cheer: di tempatku biasanya ditambahi pake taburan kismis biar ada rasa asam2 manis ngilangin rasa eneg nasi ini...lebih enak lagi makannya pake ikan asin jambal goreng emmmmm...emmm...enak banget :) :) :woohoo: :woohoo: :woohoo:
aning - asal nasi briani...   | 61.94.253.28 | 2008-11-17 14:11:34
nasi braini kalo ga salah makanan kegemaran masyarakat dari malaysia n singapore. biasanya ia dihidangkan pada acara pesta perkawinan.. :cheer:
magda   | 125.163.140.160 | 2008-09-30 23:07:05
btw, nasi briani tuh dari mana seh?
eve - naci briyani...     | 125.161.194.182 | 2008-10-08 10:33:33
Gue pnah makan waktu di singapore. Tampilan benernya ga tau, tapi kaya nasi pera yang di liwet, + kare kambing. Rasanya.... agak aneh sich... yg pasti kaya rempah seperti indonesia punya.
wita - asal nasi briani     | 78.89.39.41 | 2008-11-02 20:59:09
setahu aq nasi briani itu berasal dari India.ada briani ayam,kambing,ama briani sayuran.
nunu   | 125.160.98.210 | 2008-11-05 06:59:20
nasi ini khas dari negara india, pakistan, bangladesh.. enak juga ko.. waktu lg di korea suka mampir restoran pakistan/india buat beli nasi biriani doank..mmm jadi kangen..:D
Khadijah - Ccccc..cck nyummmi     | 125.162.249.36 | 2008-10-01 03:42:08
Bertubi-tubi tengkyu deh, barangkali nasi ini yang saya cari, karena banyak kenangan, enak juga kali yaa kalo diganti ayam.
retno   | 125.160.236.231 | 2008-10-02 10:17:01
Sama nggak dng nasi uduk :cheer:
fathin - rempah2   | 202.3.208.15 | 2008-10-03 08:57:28
nasi briani ini bisa di bilang nasi rempah, hampir sama kaya nasi kebuli (pernah denger gak ?)
khas masakan arab/india gt deh...
porsi dikit dah pasti kenyang,abis paduan susu, daging dan minyak samin...
btw, makasih ya resepnya :)
martini     | 125.162.84.134 | 2008-10-03 16:16:54
:lol: tks ya resepnya mas sugi..., kapulaga termasuk jenis rempah , kalo buat soto daging ( padang ) pasti pake dech
lana     | 125.162.83.12 | 2008-10-05 22:56:36
:X :X duuh..kalau ngomongin nasi yg satu ini aku plg kapok deh,tpi ga tau ya klo nyoba resep dr mas sugi,soalnya aku pernah dikasih ma tmnku yg asli pakistan,tp ada campuran udang en bla bla..dr baunya aja aku udah :pinch: apalagi pas nyobain..tp mudah2an aja yg ini brianinya beda...pgn nyoba bikin buat ngebandingin ma yg tmnku kasih,manatau buatanku lebih enak hehehehhe B)
mardiyo   | 125.160.147.34 | 2008-10-06 08:47:16
kalau nggak pake susu sapi atau apa pengganti susu sapi seandainya tidak ada atau susah didapat ditempat kita?
wita     | 78.89.39.41 | 2008-11-02 21:02:09
pake air kaldu aja juga sebetulnya enak tuh
Anonymous   | 61.247.5.121 | 2008-10-06 16:16:54
wah nikmat nih kyknya wajib di coba
rose amsil - rose's site     | 118.136.81.142 | 2008-10-10 12:36:01
pengen nyoba ah, tapi pengennya nggak usah pakai pewarna kuning.
Pakai kunyit aja udah cukuplah.
Kalau buat sendiri pasti enak.
ningsih - uenak teunan     | 125.165.61.21 | 2008-10-16 20:01:25
:woohoo: rasanya mantap...aq suka
cumi cute     | 125.164.237.65 | 2008-10-17 12:43:04
ehmmm......makanannya enak banget thanks ya,q jadi pengen trus coba resep baru nih :P :kiss: :) :woohoo:
susie   | 125.160.164.42 | 2008-10-17 16:01:06
Thanks banget ya utk resep nasi briani dan update resep lainnya. sorry baru buka e-mail, berhubung jaringan internet ditempatku "baru sembuh dari penyakitnya". Next time kalo aku punya resep yg bagus insyaallah aku kirim2.
Dewy - Keren abis   | 202.169.242.61 | 2008-10-22 07:52:00
Aduuuuh....thanks banget ya atas resep ini.aku udah luama pingin buat nya tapi kagak bise...he...he...
sekarang aku mo coba dulu dech...sekali lagi makasih ya...cheeerrr
lisa   | 203.211.80.68 | 2008-10-27 18:02:06
thank you mas Sugi, ntar mau dicoba. Tolong ada yang tau cara bikin krupuk abang2 yg putih yang biasa dijual dikaki lima biasanya warnanya putih)?? lagi pengen makan, maklum di luar negeri gak ada yg jual. Cheers.
lisa   | 203.211.80.68 | 2008-10-27 18:17:13
Oh ya, kalau bisa cara bikin krupuknya langsung dikirim aja ya ke alamat email : mimi_lzbth@yahoo.co.nz. Thank you.... :) :) :)
Arny Bilal     | 82.206.144.134 | 2008-10-28 23:41:09
hi..resep nasi briyaninya kok beda ya ma yg di pakistan n india? kl di pakistan n india, nasi briyani itu disajikan tumpuk2, awalnya nasi, terus daging kambing/ayam yg telah dibumbui terus kasih taburan bawang goreng, dan garam masala lalu nasi lagi, begitu seterusnya, sampe nasi dan daging kambing habis.

Kalo yg daging kambing dicampur masaknya ma nasi itu namanya pilao. Mungkin kalo daerah lain beda kali ya..aku gak tau.
Hi   | 77.22.110.46 | 2008-11-03 02:07:29
minyak samin itu terbuat dari apa?
sriati   | 218.170.144.222 | 2008-11-03 09:54:52
:D senang sekali dapat resep2 masakan lezat dari resepmasakanku,terim
a kasih banyak lho :)
sriati   | 218.170.144.222 | 2008-11-03 09:58:21
mau tanya nih,saya tinggal di Taiwan,di mana bisa memperoleh ragi tempe?kalo ada yang tahu,mohon informasinya,sebelum
nya saya mengucapkan terima kasih. :)
Nazaruddin - jawaban     | 219.83.119.18 | 2008-11-04 16:22:00
ya saya tahu ragi tempe. emang mau dipesan
firdaus     | 202.95.150.6 | 2008-11-14 14:52:59
:shock:' /> ini kalao orang arab bilang nasi kebuli
dewi - masakan   | 61.94.41.137 | 2008-11-17 12:43:58
aq mau tanya,adas itu apa sich !thanks ya.
susanti   | 125.163.228.221 | 2008-11-17 16:29:59
duhh...bumbu2 nya banyak yg ga aku tau ne..maklum baru belajar masak..hihihi..btw tq ya sugic
tetep trus ngirimin aku resep2 masakan yak..
Donna Oriza - Pengen berbagi tapi.....     | 202.146.230.227 | 2008-11-19 13:34:04
[color=fuchsia][/ color][size=medium][
/size]
Pengen berbagi resep...tappi belum sempet nech....sibuk terus... tapi kalo resep kiriman yang ini,...ehm yummy
Manik - Nasi Briani   | 118.98.216.242 | 2008-11-19 13:45:09
Apakah warnanya tidak terlalu kuning?
do@yahoo.com - nasi   | 125.163.208.211 | 2008-11-23 09:48:13
hi nasi gorengnya yang bisa di bikin setiap orang.bahan -bahannya yang gampang d cari? :P
bunda - pake kunyit dan daun salam koj     | 118.137.40.228 | 2008-11-23 18:41:45
nasi briani yang biasa saya bikin tidak pake serai tapi pakai daun salam koja atau orang aceh bilang daun temurui. daunnya kecil-kecil dan aromanya khas banget. trus pakai air parutan kunyit (tidak pakai pewarna kuning) dan pakai klabet. Memang aromanya jadi khas India banget atau ala timur tengah gitu. saat akan dihidangkan ditambah dengan sultana atau kismis. plus acar dari timun, tomat dan daun mint/peterseli dan bawang bombai
ida     | 152.118.148.218 | 2008-11-28 14:32:53
tank info terkininya, nikk...mat sekali, ada daging kambingnya !
yoi - nasi briani mertua   | 114.58.95.190 | 2008-12-11 12:09:59
:woohoo: :woohoo: :woohoo:
nasi briani buatan mertuaku uwenuwak tenan.
tapi resepnya laen ma mas sugi.
bener bunda, pake daon temerue, pengganti susu bisa pake santen ajah kok.
terus dagingnya dimasak dulu ma bumbu2 halusnya, kalo dah empuk baru deh nasinya dicemplungkan mpe 1/2 matang.
dah gitu dikukus mpe mateng.
maemnya pake kerupuk emping(muling)+fajri
n(nanas yang dibuat oseng2 gitu deh).
Anonymous   | 125.160.65.4 | 2008-12-21 00:59:48
:cheer: WENAKKK...
joko   | 125.163.255.142 | 2008-12-21 01:07:49
:confused:
setelah tak coba ternyata enak buanget..tapi sanyang namanya kurang cocok,mbok diganti jangan NASI BIRANI tapi TAPI NSI GORENG BIRAHI..habis istri ku tak buatin langsung birahi minta jatah
vie - Briani   | 196.20.172.95 | 2009-01-03 11:56:44
ini nasi briani ala malay ya? karena nasi briani yg aku biasa makan, cara masaknya beda ya ma yg dijelasin disini.
kita biasa pake yoghurt ketimbang susu sapi. n juga kita gak pake sereh. tp pake coriander & mint leaves.
mmm resep ini boleh coba juga.
so cool.
dian - Briani,Kabsah & Kebuli     | 125.161.226.161 | 2009-01-05 16:31:36
:) Aq biasa makan nasi briani, Kebuli & Kapsah tiap hari jum'at krn bos q arab keturunan tp aq ga tau beda'a ky'a sm aja cuma nama'a aja yang lain
Mifa - Kapulaga     | 202.147.198.226 | 2009-01-06 13:42:59
Kapulaga itu sejenis rempah, tapi jangan sampai salah karena ada kapulaga yang bulat dan ada yang bentuknya seperti lonjong. kalo kebuli pake yang lonjong
zan - Kok pake pewarna kuning ?   | 125.161.144.37 | 2009-01-09 16:25:22
saya dari India, tapi kami tidak pernah memakai pewarna, kami menggunakan kunyit yang banyak untuk memasak ini :unsure: :?:
adel   | 125.161.238.62 | 2009-01-26 22:38:01
nasi briani (india)
nasi kebuli (arab)

keduanya sama aja... beda dikit....
menurut cerita .... nasi kebuli berasala dari kembangan nasi briani yg dibawa oleh para pekerja India di tanah arab....
joy - ??     | 121.216.48.132 | 2009-01-27 10:14:05
whateva..!! :silly:' />
eri     | 125.160.164.103 | 2009-02-24 15:15:39
daging kambingnya bisa diganti pake daging sapi gag,,,,,,,,?
nadira     | 125.164.97.184 | 2009-03-02 22:08:42
makanan wajib waktu lebaran ditempatku.... :P
pake daging sapi juga tetep enak,,,
tapi nasi briani ini sebenarnya punya khas dari beras yg dipake....jd bukan pake beras yg umumnya biasa kita makan ....tapi beras briani ini bentuknya relatif panjang2..dan susah buat dicetak di mangkuk....
yunni   | 125.160.237.224 | 2009-03-13 09:22:34
:kiss: :( nasi ini mengingatkanku setiap pagi di nabawi...menu pavorit suami... tapi ada yang tau ga beli berasnya dimana kan beda jenisnya... :cheer:
jeffrey     | 118.137.39.40 | 2009-03-15 22:17:03
kaeknya enak nih untuk dijadikan menu makan malam
ory     | 125.165.48.157 | 2009-03-25 17:41:08
:) ada yang tahu resep masakan padang????
ory     | 125.165.48.157 | 2009-03-25 17:42:40
aduh nihh hari enaknya makan mie yang enak mie ayam d banda d mana ya???
imam - alow     | 125.167.126.30 | 2009-04-03 15:00:25
minyak samin ada kok produck unilever cari aja knorr minyak samin murah kok
sumiatun - Hal lain "nasi birani     | 125.161.139.201 | 2009-04-06 08:23:23
:P :P :P :P :P :P :P :P :P :P
Memang enak nasi birani. Aku pernah makan waktu di Saudi Arabia. Tapi hati2 ya yang pantang daging kambing. Bagi yang makan daging kambing bisa diganti daging sapi/ayam, rasanya juga gak kalah nikmat lho. Coba deh. :P :P :P :P :P :P :P
sumiatun - yang pantang daging kambing     | 125.161.139.201 | 2009-04-06 08:26:23
sorry ya, salah nulis. untuk nasi birani, bagi teman2 yang pantang makan daging kambing bisa diganti daging sapi/ayam, tetap nikmat kok. Coba deh.
sumiatun - Tahu sambal lado     | 125.161.139.201 | 2009-04-06 08:45:15
untuk ory,nih ada resep masakan padang ala aku( modifikasi aku )
Tahu sambal lado:
Bahan:
10 buah tahu kotak putih
Minyak goreng secukupnya
garam secukupnya
Penyedap rasa( jika suka)
Bumbu:
15 buah cabe merah keriting
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas kunyit
2 buah tomat( potong2)
Cara membuat:
1. Goreng tahu sampai matang
2. Haluskan bumbu( kecuali tomat) lalu tumis bumbu sampai harum,masukan tomat, garam, penyedap rasa( kalau suka), aduk2 dan masak bumbu sampai matang dengan api kecil, kemudian masukan tahu dan masak sampai bumbu meresap. Angkat dan hidangkan.
Catatan:
Tahu bisa diganti dgn terong telunjuk, terong ungu, ikan gabus asin, ikan asin jambal, ati/ampla ayam,daging, dll.
Selamat mencoba.
Danet   | 125.164.116.251 | 2009-04-29 12:43:15
Saat saya umrah tahun lalu sering menikmati nasi briani ini di warung .. enak rasanya... apalagi ditambah ayam panggang hanya saja tdk ada sambal ala indonesia dan untuk rasa pedas mereka gunakan sambal botol/cabe hijau besar dan bawang merah mentah..
jadid - enak po   | 125.163.209.221 | 2009-06-16 19:38:52
kayanya enak tu
Anonymous   | 125.166.21.36 | 2009-08-06 11:15:49
ribet banget sii cara masaknya :whistle:
Eka Dana - Bulan puasa enaknya masak apa     | 114.59.18.55 | 2009-08-12 06:40:18
Bulan puasa enaknya masak apa ya ?

:whistle:
dani.. Ramdhni - asas     | 125.163.101.142 | 2009-10-03 19:55:00
masak beungeut sia
dani.. Ramdhni - Biznetuc     | 125.163.101.142 | 2009-10-03 19:54:18
di sanguan geura,, meni ngenah,,,, hahahahahaha
syifa   | 125.161.207.140 | 2009-10-09 05:56:34
ok! B)
maryam smith - resep Asli Nasi Briyani,     | 125.161.143.241 | 2009-11-26 16:40:35
kapulaga bisa dibeli di supermarket,atau di pasar Senen,ada juga yg lokal punya adanya di tukang jual bumbu2 yg sdh di giling,di pasar2 tradisional,klo di supermarket dlm bah Inggris gardamom.Resep nasi briyani yg asli ,berasnya hrs pake beras Basmati,mereknya "Taj Mahal",harganya Rp 35,000/kg.ada di supermarket besar,kalau pake merek taj murah,rasanya kurang muantab. minyak samin,yg di pakai tukang martabak manis.ada gambar unta.tp itu bukanlemak unta.yg betul betul enak ,beli yg namanya Gee Oil,itu terbuat dari susu sapi.Sdngkan susu yg di pakai untuk memasak nasinya boleh pakai susu cap beruang Brear Brand.Rasa nasi ini beda dgn nasi uduk atau nasi kebuli ,kalau kita pintar meramu bumbu2nya dgn tepat,maka luar biasa enaknya,end tdk bisa dilupakan,kl teringat,hem nyam nyam nyam,langsung menelan air liur.stop dulu ah megetik,..mau masak briyani dulu,... :kiss:
Anonymous   | 115.69.217.12 | 2009-12-17 11:20:07
nasi briani ini berasal dari negara
Anonymous   | 115.69.217.12 | 2009-12-17 11:20:52
negara mana hayo !!!
azkia   | 125.165.48.40 | 2010-02-16 15:17:07
mmmm...... mo coba aah. :P :P
azkia   | 125.165.48.40 | 2010-02-16 15:19:47
thx maryam 4 explain nya
Blach     | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:32:57
lah eluh tadi lagi ga ol ya.. :evil:
Falah     | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:34:14
iya emang gapa :X
Falah     | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:37:08
he babi eluh ghost online lvl brp ha :X
Anonymous   | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:39:14
lvl:63 tahi.. :evil:
Anonymous   | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:40:09
elu lvl brp ha.. :evil:
Blach     | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:35:53
eluh main brp ..ha.. :evil:
Blach     | 110.138.140.147 | 2010-02-16 16:38:16
lvl:63 setan.. :evil:
Write comment
Name:
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:angry::0:confused::cheer:B):evil::silly::dry::lol::kiss::D:pinch:
:(:shock::X:side::):P:unsure::woohoo::huh::whistle:;):s
:!::?::idea::arrow:
 
Security Image
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
Powered by !JoomlaComment 3.12

Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved.

 
< Prev   Next >



 


ResepMasakanKu.com

Copyright 2008
All Right Reserved Worldwide